Kamis, 09 Agustus 2012

Ramadhan di Istanbul-2

Selepas shalat tarawih waktu biasanya sudah menunjukkan pukul 11 malam. Karena waktu isya yang jatuh pada sekitar pukul 10 malam di musim panas ini. Adapun waktu maghrib adalah pukul 8:30 malam. Waktu puasa cukup panjang ditambah dengan suhu udara yang sangat panas di musim panas 2012 ini.

Sahur dimulai dari pukul 02.00 pagi, dan berakhir pada pukul 03:30. Khas di Turki, terdapat tukang tabuh drum keliling, yang dinamakan Davulcu. Dia mengenakan baju tradisional Turki, meyandang drum. Satu tangan memegang drum untuk menyeimbangkannya tatkala di pukul, sedangkan tangan satunya memukul drum dengan ritme monoton. Davulcu akan berkeliling di perumahan penduduk guna membangunkan penduduk agar makan sahur. Terkadang diiringi nyanyian juga.

Penduduk yang esoknya akan berpuasa biasanya akan bangun dan menyiapkan makanan sahur yang biasanya berupa sajian sarapan yang terdiri dari teh Turki, roti, selai, keju putih, zaitun, telur goreng dengan sucuk, yaitu semacam sosis berempah khas Turki dan ketimun atau tomat. Umumnya pada saat sahur dan berbuka akan terdengar suara adukan sendok teh yang beradu dengan gelasnya, dari apartemen para tetangga, "ting...ting...ting".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar