Selasa, 10 Februari 2015

Donat Spring Picnic

Donat untuk spring picnic.
Resep:
bahan:
320 gr terigu, ayak
38 g unsalted butter
1 telur suhu ruang---aku pakainya telor
1/2 sdt garam
50 gr gula pasir
150 ml susu tawar hangat
30 ml air hangat
1/4 sdt gula pasir
2,5 sdt ragi roti.
Caranya:
Ini untuk mengembangkan ragi:
Ambil wadah plastik ataupun gelas, tuang ragi, air hangat, 1/4 sdt gula pasir. Aduk-aduk dan biarkan hingga menggelembung.
Campur semua bahan lain di baskom plastik, masukkan ragi yg sudah berbuih, aduk pake spatula atau sendok naşi yang dari plastik itu, jangan pakai tangan, soalnya lengket sekali. Tutup baskom dan biarkan hingga adonan mengembang.
Setelah adonan mengembang, tinju adonan (emang Mike Tyson, ya? hehe). Taburi meja kerja dengan terigu, ambil adonan, dan tambahkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga tidak terlalu lengket ditangan namun tetap lembek. Banting-banting sambil diuleni.
Ambil,loyang, taburi tepung secara merata. Buat bulatan-bulatana donan, lalu pipihkan dan lubangi. Letakkan di loyang, beri jarak. Biarkan hingga mengembang lagi.
Kemudian panaskan minyak yang banyak di wajan atau panci, setelah panas, kecilkan api sampai kecil sekali. Ambil donat mentah, adjust lagi lubangnya, masukkan donatnya, jangan terlalu penuh, harus ada ruang untuk donat bergoyang-goyang. Ambil 1 buah tusuk sate, goyang2 donat dari yang bolongnya dengan tusuk sate, balik-balik sesekali, jadi donatnya licin dan gendut. Angkat dan tiriskan.
Silahkan dibedakin atau di make-up dengan coklat dan kawan2nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar