Selasa, 10 Februari 2015

Gunung Uludağ

Kota Bursa tak bisa dilepaskan dengan gunung Uludağ. Kurang afdol rasanya kalau mengunjungi kota Bursa tanpa mengunjungi gunung yang memiliki resort ski tersebut.
Gunung berketinggian 2,543 m (puncak Kartaltepe) tersebut, di musim dingin resort ski-nya menjadi pusat wisata utama di Turki. Selain itu, keindahan gunung Uludağ di musim semi, musim panas, hingga musim gugur juga tetap menawan, dengan berbagai perobahan warna dari dedaunan pohon-pohon yang ada di Uludağ.
Untuk mencapai ketinggian tertentu dari gunung yang dinamakan Mysian Olympus oleh penghuni awal Bursa, yaitu orang-orang Romawi tersebut, kini sudah ada teleferic/cable car yang berangkat dari Teferruç hingga ke area plateau (dataran tinggi) yang dinamakan Sarıalan. lamanya perjalanan adalah 12 menit. Sepanjang perjalanan dalam teleferic, pengunjung bisa menyaksikan keindahan hutan Uludağ dan pemandangan kota Bursa dari atas.
Namun untuk ski, pengunjung harus naik lagi ke daerah Oteller dengan menggunakan dolmuş (angkot). Untuk rombongan biasanya langsung berangkat dari kaki gunung Uludağ ke Oteller Bölgesi, jadi tidak menggunakan teleferic.
Gunung tertinggi di wilayah Marmara dan di seluruh Anatolia tersebut, yang pada masa Romawi dan Byzantium digunakan sebagai tempat bertapa para pendeta dan biarawan ini, kini padat pengunjung yang ingin mencoba kebolehannya bermain ski, ataupun hanya ingin bermain-main di salju yang tebal.
(Lia)
Ket. Gambar: Sarıalan Plateau, tempat pemberhentian Teleferic


Tidak ada komentar:

Posting Komentar